Rabu, 08 Oktober 2008

Hati-hati Dengan Fokus Anda

(Oriflame Online Semarang by dBC Network )
"
You are what you focus on. Kira-kira begitulah yang dimaksudkan oleh Joe Vitale dalam bukunya The Attractor Factor. Fokus anda akan jadi kenyataan. Masalahnya, fokus kita itu sering ke arah mana? Ke arah yang negatif atau positif. Secara tidak sadar kita sering berfokus ke yang negatif.

Kalau kita fokus kepada yang negatif, pasti itu akan jadi kenyataan. Kita sering tanpa sengaja memfokuskan perhatian kepada yang negatif. Mungkin itu sudah nature-nya kita atau pengkondisian dari lingkungan. Secara otomatis kita akan selalu fokus kepada yang negatif. Contohnya: Anda mengalami kendala untuk memulai usaha. Alasannya adalah waktu yang terikat dengan urusan kantor. Kenyataan yang akan terjadi adalah, anda tidak akan pernah memulai karena fokus anda adalah kepada ALASAN yang pada akhirnya akan menjadi penghambat anda untuk maju bertindak."

Paragraf tsb adalah petikan buah pena bang Roni Yuzirman, pendiri komunitas TDA. Rasanya sangat cocok dengan kondisi kita sehari-hari. Sangat mudah kita bicara fokus pada usaha, tapi hanya sesaat. Sedangkan jika berniat usaha kita untuk berkembang dan terus akan berkembang, tentu fokus pada usaha kita harus terus kita pegang sepanjang masa usaha itu berjalan dan masih ingin kita geluti.

Jatuh dan bangun adalah hal biasa. Tetaplah fokus kepada hal positif. Keberhasilan dan kegagalan dalam usaha adalah sama nilainya. Tergantung dari sudut mana kita memandang, bisa jadi dari sebuah kegagalan kita justru belajar lebih banyak untuk mendapat solusi, minimal jadi mengetahui jalan mana yang salah dan perlu kita hindari. Juga minimal bisa untuk memberi tahu kawan kita agar tidak melewati jalan gagal itu dan memberi tahu jalan yang lebih baik yang dapat membawa keberhasilan. Oya, ilmu jangan dipendam untuk diri sendiri kan. Akan bermanfaat kalau dibagi dengan orang lain. Karena.. sebaik-baik insan adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain..

Soo.. tetaplah fokus, fokus, fokus......

Laili I.Samekto http://www.bundaonline.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar