Minggu, 11 Januari 2009

CUSTOMER CENTRIC



Hmm apa lagi tuh? Customer Centric kira kira maksudnya adalah pemasaran dengan berdasarkan kepada customer driven. Customer driven artinya pemasaran dikendalikan oleh kebutuhan dan keinginan kastemer. Lawannya adalah apabila kegiatan pemasaran dilakukan by product atau kegiatan pemasaran dengan cara langsung menawarkan produk. Beda kan..


Sekarang ini, kastemer lebih menyukai apabila kegiatan pemasaran dilakukan dengan cara kita mengenal dan mendengarkan dulu apa sih kebutuhan kastemer kita. Kalo kita sudah bisa menyerap kebutuhan dan keinginan kastermer, barulah kita memberikan konsultasi untuk solusi kebutuhan dan keinginan kastemer tsb. Nah lalu arahkan solusi tsb dengan memberikan tips dan manfaat dari produk yang menurut kita cocok sebagai solusi mereka. Kastemer akan lebih merasa nyaman karena tidak merasa "dipaksa" untuk membeli.


Relevansinya dengan bisnis kita apa? Motivasi orang untuk bergabung bisnis online di dBC-Network kan beda2. Kita dengarkan dulu kebutuhan dan keinginan mereka apa. Ada yang tertarik dengan kegunaan produk Oriflame. Ada pula yg tertarik untuk bergabung karena ingin mendapat penghasilan (passive income yg sangat besar!). Ada juga yang karena udah kaya, bisa jadi hanya untuk kegiatan hiburan misal lumayan bisa jj ke LN gratis! Kebanyakan diantara mereka tertarik bergabung dg dBC-Network karena ingin menjadi work at home moms alias ibu2 resign dari kerja kantoran dan ingin punya lebih banyak waktu untuk keluarga sehingga menjalankan bisnis ini online dari rumah.


OK. Btw pemasaran dengan pendekatan customer centric ini rasanya cocok & bisa diterapkan buat kita. See u..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar